Detail Artikel

tips-trick

Apa Itu Cyber Security, Pengertian Dan Fungsinya

23/09/2021 by Ilham Lutfi 179
Apa Itu Cyber Security, Pengertian Dan Fungsinya

Apa Itu Cyber Security, Pengertian Dan Fungsinya - Cyber Security atau IT security adalah keamanan informasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Keamanan komputer bertujuan membantu pengguna agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Informasinya sendiri memiliki arti non fisik.

Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Artikel Populer : Perbedaan CodeIgniter VS Laravel Terbaru, Framework Mana Yang Lebih Baik..?

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Apa Itu Cyber Security, Pengertian dan Fungsinya laugh

Apa Itu Cyber Security, Pengertian Dan Fungsinya

apa itu cyber security

1. Pengertian Cyber Security

Beberapa tahun terakhir istilah cyber security atau cybersecurity makin sering terdengar. Menurut Google Trends, penelusuran akan cyber security memiliki tren yang terus meningkat di dunia dalam lima tahun terakhir. Begitu pula di Indonesia, meski khusus Indonesia, puncaknya adalah pada kuartal pertama tahun 2019 lalu.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cyber security atau keamanan siber ini? Menurut ISO (International Organization for Standardization), tepatnya ISO/IEC 27032; mengutip dari sejumlah sumber; cyber security atau cyberspace security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace.

Pengertian lain dari cyber security sendiri adalah praktik yang bertujuan untuk melindungi sebuah perangkat, jaringan, program, dan data dari segala macam serangan digital yang berbahaya.

Praktik cyber security mencakup pemasangan firewall, backup data, multi factor authentication dan lain sebagainya yang bisa mencegah cyber criminals memasuki sistem Anda.

Mengacu dari International Telecommunications Union (ITU), tindakan cyber security ini mencakup alat, kebijakan, konsep keamanan, dll, yang dapat digunakan untuk melindungi organisasi, dan aset pengguna.

Perlindungan terhadap organisasi dan aset pengguna termasuk perangkat komputasi, aplikasi, layanan dan informasi yang dikirimkan dan / atau disimpan di lingkungan cyber.

2. Fungsi Cyber Security

Fungsi utama dari cyber security yaitu untuk menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem Teknologi Informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam sistem tersebut.

Cyber security membawa manfaat bagi individu maupun instansi/perusahaan. Diantaranya seperti :

  • Data sensitif terlindungi — seluruh data Anda bisa terlindungi dengan lebih baik dan terhindar dari ancaman identity theft.
  • Menjaga produktivitas — dengan cyber security, sistem dan jaringan Anda akan terlindungi dari malware dan ancaman lainnya, sehingga Anda tetap bisa bekerja dengan lebih produktif dan aman.   
  • Waktu pemulihan yang lebih singkat — meski mengalami data breach atau gangguan lainnya, Anda bisa dengan cepat melakukan proses pemulihan dan mencegah kerugian yang berlipat ganda.  
  • Membangun kepercayaan customers — dengan sistem keamanan yang kuat, pelanggan tak akan cemas jika data sensitif mereka dieksploitasi oleh hacker dan semakin yakin untuk memilih produk/layanan Anda.    

Selain itu, dengan adanya cyber security, reputasi dari perusahaan tetap terjaga, khususnya yang berhubungan dengan pihak pengguna jasa perusahaan tersebut.

Jadi, pastikan di perusahaan atau instansi anda ada staf atau tenaga cyber security!

3. Konsep Cyber Security

Nah, cyber security mengikuti praktek CIA Triad sebagai konsep dasarnya. Konsep ini meliputi confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan).

Berikut adalah beberapa penjelasan singkat dari setiap konsep tersebut :

  • Confidentiality — sesuai namanya, confidentiality (kerahasiaan) adalah upaya untuk merahasiakan sebuah informasi dan data agar tidak terjadi pencurian maupun kebocoran data.
  • Integrity —  integrity (integritas) memastikan bahwa semua data dan informasi yang diberikan tetap konsisten, akurat, dan juga terpercaya. 
  • Availability — sesuai namanya, availability (ketersediaan) adalah dimana data dan informasi yang ada dapat diakses dengan lancar dan mudah tanpa halangan.

4. Jenis Ancaman Cyber

Dalam penerapannya, cyber security harus menghadapi berbagai jenis ancaman yang mungkin terjadi.

  • Cyber Crime, adalah kejahatan yang menyasar sistem komputer. Pelaku melakukan akses ilegal, transmisi ilegal atau manipulasi data untuk tujuan tertentu. Di antaranya menciptakan gangguan dan mencari keuntungan finansial.
  • Cyber Attack, Berbeda dengan cyber crime yang bisa menyasar siapa saja, target cyber attack biasanya melibatkan kepentingan politik. Aktivitas ini berusaha mengumpulkan informasi, mencuri data, hingga mengambil alih sistem targetnya.
  • Cyber Terrorism, mengacu pada usaha mengancam, provokasi atau intimidasi lewat sistem komputer. Aktivitas cyber ini sangat berbahaya karena menyebabkan kepanikan dan ketakutan skala besar.

Baca Juga :


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya


Tinggalkan Komentar

Scroll to Top