Detail Artikel

tips-trick

Apa Itu Web Developer Atau Pengembang Web

15/08/2021 by Ilham Lutfi 226
Apa Itu Web Developer Atau Pengembang Web

Apa Itu Web Developer Atau Pengembang Web - Web developer atau pengembang web adalah seseorang yang menguasai web programming (pemrograman web) yang membuat program dan aplikasi berbasis web. Seorang web developer dituntut untuk paham bagaimana cara membuat website dari nol, membuat kode custom jika memang Anda membutuhkan fitur khusus di website Anda, mengembangkan semua mulai dari layout website sampai fitur dan fungsi websitenya.

Web Developer bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Artikel Terkait : 7 Text Editor Terbaik Untuk Web Developer

Kebanyakan mereka dipekerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Namun beberapa pengembang web bekerja sebagai seorang freelancer, Jadi tidak terikat pada perusahaan, melainkan terikat pada clientnya.

Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, Web Developer telah menjadi salah satu profesi pekerjaan yang sangat menjanjikan. Dikarenakan Perusahaan dari berbagai macam sektor kini membutuhkan situs web yang rapi, fungsional, dan menarik di mata customer agar bisa tetap eksis di pasar.

Apa Itu Web Developer Atau Pengembang Web..?

apa itu web developer atau pengembang web

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu web developer atau pengembang web, Sebelumnya tadi sudah sedikit banyak disampaikan mengenai apa itu web developer, Web Developer sangat luas ruang lingkupnya baik dalam segi pembelajaran dan prospek kerja dalam dunia industri.

Bidang pekerjaan dalam Web Developer juga terbagi menjadi 3 jenis yaitu Front End, Back End  dan Full Stack developer, Keduanya secara umum sama yaitu berperan dalam pengembangan suatu sistem atau aplikasi berbasis web. Akan tetapi jika dibahas secara spesifik tentunya jelas berbeda.

1. Front End Developer

Jenis Web Developer pertama yang perlu kamu ketahui adalah Front End Web Developer. Tugas utama para developer yang berkecimpung di bidang ini adalah membangun UI yang dapat membantu pengguna untuk mencapai tujuan mereka di dalam situs. Itulah sebabnya front-end developer juga sering ikut andil dalam aspek perancangan UX dalam proyek mereka.

Oleh karena itu, memiliki latar belakang di bidang UX dapat menjadi nilai plus bagi seorang front-end developer, karena mereka dapat membentuk empati bagi pengguna.

2. Back End Developer

Jika Front End adalah yang dilihat pengguna selama berkegiatan di situs, Back End adalah aspek yang tidak mereka lihat. Back-end developer bertugas untuk mengelola server situs web, program, dan software, dengan tujuan agar semua fitur tersebut dapat bekerja dengan baik. Biasanya, back-end developer bekerja dalam sistem seperti server, sistem operasi, API, dan basis data.

Mereka mengelola kode dalam situs untuk keperluan keamanan, konten, dan struktur situs. Juga terdapat banyak lowongan Back End Web Developer yang siap untuk menerima karyawan baru seperti kamu. Jangan sampai ketinggalan, ya laugh

3. Full Stack Developer

Jenis web developer terakhir yang wajib kamu ketahui merupakan Full Stack Web Developer. adalah seorang yang bekerja di sisi front-end maupun back-end web. Mereka diharapkan dapat membuat situs web, aplikasi, atau program software dari awal hingga akhir proses pembangunan.

Kata “stack” mengacu pada berbagai teknologi yang akan mereka tangani dalam satu situs web yang sama, seperti server, UI, dan lain sebagainya.

Gaji seorang web developer

Menurut situs web Neuvoo, gaji rata – rata seorang web developer di Indonesia mencapai Rp 6.000.000,- per bulannya. Dan jika dihitung per tahun, maka menghasilkan nominal sebesar Rp 72.000.00,-. Untuk jumlah nominal tersebut tidak dapat dipukul rata terhadap setiap perusahaan. Di Indonesia sendiri, tentu memiliki nilai nominal yang berbeda disesuaikan dengan kondisi perusahaan, serta posisi yang dimilikinya.

Faktor yang paling berpengaruh adalah jenjang karir dan pengalaman yang dimiliki dalam menangani berbagai proyek dan seberapa banyak portofolio yang diperoleh. Gaji antara junior web developer akan sangat berbeda dengan senior web developer.

Untuk menjadi seorang Web Developer diperlukan ketekunan dan semangat yang tinggi untuk belajar serta pantang menyerah dalam menguasai pemrograman, anda bisa memulai dengan mempelajari dasar pemrograman web terlebih dahulu seperti (html, css, javascript).

Nah itulah tadi beberapa informasi mengenai Apa Itu Web Developer Atau Pengembang Web Semoga bermanfaat terima kasih sampai jumpa di artikel berikutnya laugh

Baca juga :

 


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya


Tinggalkan Komentar

Scroll to Top