Detail Artikel

server-database

Daftar Jenis-Jenis HTTP Status Error Code

10/06/2021 by Ilham Lutfi 427
Daftar Jenis-Jenis HTTP Status Error Code

Daftar Jenis-jenis HTTP Status Error Code -  HTTP status adalah jawaban atau response web server terhadap permintaan data oleh klien dalam hal ini browser Anda. Jawaban atau reponse ini berbentuk kode tiga digit dan biasanya Anda tak akan menyadarinya kalau proses pertukaran data berjalan dengan lancar. Tapi pada saat ada sesuatu yang tidak normal atau masalah, kode ini akan langsung muncul dengan di browser Anda sebagai tanggapan dari permintaan yang dikirim melalui browser. Dengan kata lain, kemunculan HTTP status code ini adalah cara server berkata atau berkomunikas dengan kita, Biasanya selain kode error http muncul juga kendala yang terjadi dan cara penyelesaian nya seperti error 404 google seperti berikut.

404 not found

Anda juga bisa melihat HTTP status code yang tidak dimunculkan oleh browser. Umumnya kode yang tidak dimunculkan atau ditampilkan oleh browser itu berarti semua berjalan dengan lancar, sehingga server tak perlu memberitahu Anda. Akan tetapi, jika Anda penasaran dan ingin mempelajari HTTP status code dengan lebih mendalam, Anda bisa menggunakan tool online seperti Web Sniffer. Ok langsung saja berikut Daftar Jenis-Jenis HTTP Status Error Code pada server.

Populer Post :  Tutorial Install Codeigniter 4 Best Practices

1. Continue (200)

Kode 200 adalah http kode yang menyatakan semua dalam keadaan normal dan tidak ada kendala sama sekali, Everything is OKlaugh

2. Created (201)

Kode 201 yaitu http kode dari response atau jawaban server yang berarti, Server berhasil membuat suatu data baru ke database.

3. Move Permanently (301)

Kode 301 http kode dari response server yang memberitahu bahwa, Data yang diminta telah diganti dengan data yang baru secara permanen.

4. Bad Request (400)

Kode 400 http kode ini mengindikasikan saat kondisi server tidak bisa memenuhi permintaan klien, karena ada error yang terjadi.

5. Unauthorized (401)

Kode 401 yaitu http kode yang akan muncul karena browser tak bisa memberikan bukti kewenangan atau otorisasi yang sah

6. Forbidden (403)

Kode 403 adalah http kode yang akan muncul pada saat klien atau pengguna berusaha mengakses data yang tidak diizinkan, Dengan kata lain anda tidak mempunyai hak akses.

7. Not Found (404)

Kode 404 http kode error ini menunjukkan bahwa data yang diminta browser itu tidak ada atau tidak ditemukan di server yang di akses.

8. Time Out Error (408)

Kode 408 ialah http kode error yang akan muncul saat server kehabisan waktu (time out) dikarenakan menunggu browser menyelesaikan proses atau perimntaanya.

9. Gone (410)

Kode 410 yaitu http kode yang menyatakan data yang diminta sedang tidak ada atau memang tidak pernah ada di server.

10. Teapot (418)

Kode 418 http kode ini hanyalah prank atau guyonan April Mop tepatnya dari tahun 1988laugh

11. Internal Server Error (500)

Kode 500 adalah http kode yang menyatakan bahwa adanya kesalahan terletak pada server (internal sever).

 

Nah itulah tadi sedikit pengertian tentang HTTP Status Code dan Daftar Jenis-Jenis HTTP Status Error Code semoga bermanfaat laugh.

Baca Juga :


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya

Mengenal MySQL dan Phpmyadmin

Mengenal MySQL dan Phpmyadmin

29/05/2021 BY Ilham Lutfi 478

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top