Detail Artikel

rekayasa-perangkat-lunak

Diagram UML Dalam Rekayasa Perangkat Lunak

11/06/2021 by Ilham Lutfi 714
Diagram UML Dalam Rekayasa Perangkat Lunak

Diagram UML Dalam Rekayasa Perangkat Lunak - Apa itu UML..? Dalam membangun sebuah sistem atau software, Kita membutuhkan pemodelan untuk memrepresentasikan sistem yang sedang dibuat umumnya berbentuk viasual atau gambar, UML atau “Unified Modelling Language” yaitu suatu metode permodelan secara visual sebagai sarana perancangan sistem yang berorientasi objek, Atau definisi lain dari UML yaitu sebagai suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, perancangan yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). Saat ini UML sudah menjadi bahasa standar dalam penulisan blue print software. Secara singkat UML digunakan untuk memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak/software) yang menggunakan konsep berorientasi object. Dan juga untuk menciptakan suatu bahasa pemodelan yang dapat baik oleh manusia maupun mesin.

Artikel Terkait : Definisi dan Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

 A. Tujuan atau Fungsi Utama dari penggunaan UML

Berikut ini beberapa tujuan atau fungsi utama dari penggunaan UML, yang diantaranaya:

  • Dapat memberikan bahasa permodelan visual kepada pengguna dari berbagai macam pemerograman maupun proses rekayasa.
  • Dapat menyatukan praktek-praktek terbaik (best practices )yang ada dalam permodelan.
  • Dapat memberikan model yang siap untuk digunakan (ready to use), Merupakan bahasa permodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan sistem dan untuk saling menukar model secara mudah.
  • Dapat berguna sebagai blue print, sebab sangat lengkap dan detail dalam perancangannya yang nantinya akan diketahui informasi yang detail mengenai koding suatu program dalam perangkat lunak.
  • Dapat memodelkan sistem yang berkonsep berorientasi objek, jadi tidak hanya digunakan untuk memodelkan perangkat lunak (software) saja.
  • Dapat menciptakan suatu bahasa permodelan yang nantinya dapat dipergunakan baik oleh manusia maupun oleh mesin.

B. Jenis-Jenis Diagram UML
1. Use case diagram
           Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan atau menggambarkan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.

usecase diagram

 

2. Activity Diagram
          Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem, Biasanya Activity Digarma digunakan untuk menggambarkan visualisasi aktivitas aktor tertentu pada suatu sistem.

activity diagram

 

3. Sequence Diagram
         Sequence diagram ialah salah satu jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan alur yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.

sequence diagram

 

  4. Class diagram
         Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang sering digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran atau visualisasi mengenai sistem maupun kumpulan relasi data yang terdapat pada sistem tersebut.

class diagram

 

 5. Communication diagram
           Communication diagram adalah jenis diagram pada UML yang dapat menggambarkan tahapan terjadinya suatu komunitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.

communication diagram

 

 6. Deployment diagram
          Deployment diagram adalah suatu diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian software yang terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen hardware. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak software pada hardwere yang sedang diterapkan pada sistem.

deployment diagram

 

 7. Component diagram
          Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang berfungsi menggambarkan software pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan software dari satu ataupun lebih class, Dan biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen dan lain-lain.

component diagram

 

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Diagram UML Dalam Rekayasa Perangkat Lunak yang tentunya sangat penting sebagai dasar pengetahuan untuk membangun software apalagi sebuah proyek software yang ber-skala besar laugh

Baca Juga :


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya


Tinggalkan Komentar

Scroll to Top