Detail Artikel

rekayasa-perangkat-lunak

Manajemen Proyek Pada Rekayasa Perangkat Lunak

17/06/2021 by Ilham Lutfi 384
Manajemen Proyek Pada Rekayasa Perangkat Lunak

Manajemen Proyek Pada Rekayasa Perangkat Lunak -  Secara Umum Manajemen adalah suatu upaya untuk mencapai suatu tujuan dengan sumber daya seminimal mungkin (efisien). Sementara itu, Proyek adalah rencana pekerjaan dengan suatu target pencapaian tertentu yang diselesaikan dalam rentang waktu tertentu. Secara kolektif atau Gari besar, Manajemen Proyek​ adalah suatu pendekatan/metode untuk​ mengelola suatu proyek dengan efektif dan efisien untuk menghasilkan atau mencapai tujuan tertentu. Sistem ini hadir sebagai perangkat untuk membantu mengelola kegiatan-kegiatan berbentuk proyek, misalnya proyek konstruksi dan perangkat lunak seperti sistem berbasis web (web app). Tanpanya, suatu proyek akan sulit dieksekusi baik dari segi biaya, waktu, atau bahkan kualitasnya.

Pengertian lain dari Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan sumber daya untuk membuat suatu perangkat lunak atau program komputer, serta mencapai tujuan tertentu dalam batasan waktu, ruang dan tenaga.

Recent Post : Diagram UML Dalam Rekayasa Perangkat Lunak

Stakeholder dalam Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Adapun orang-orang yang berperan dalam manajemen proyek perangkat lunak adalah sebagai berikut :

  • Project Sponsor : Adalah seorang manajemen puncak (beserta anggota tim jika perlu), yang diserahkan tugas khusus oleh perusahaan sebagai penanggung jawab proyek sistem informasi.
  • Project Manajer : Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya.
  • Project Manajemen dan Administrasi : Project Administration adalah tim yang bertanggung jawab terhadap pengaturan dan penyimpanan segala jenis dokumen yang terlibat dalam proyek. Mulai dari proposal dan kontrak proyek, sampai dengan hasil wawancara atau notulen setiap pertemuan formal maupun informal.
  • Internal audit dan Quality Assurance : Quality Assurance terdiri dari tim yang mengawasi agar pelaksanaan proyek dapat selalu terjamin kualitasnya sesuai dengan standar mutu yang ada (standar lokal perusahaan konsultan yang bersangkutan atau standar internasional seperti ISO).
  • System Analyst : System analyst adalah penghubung antara vendor dan profesional teknologi informasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan analisi biaya, pertimbangan desain, dan implementasi timeline yang telah ditetapkan.
  • Programmer : Programmer adalah seseorang yang bertugas untuk mengimplementasikan apa yang telah dirancang oleh designer. Seorang programmer akan membuat code yang menghasilkan aplikasi dengan spesifikasi code yang rapi, bersih, rapi, mudah dipahami, dan bebas dari error.
  • Sofware Designer : Software designer adalah seseorang yang bekerja untuk menciptakan sebuah perangkat lunak pada level yang cukup tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau manajemen. Seorang designer tidak melakukan proses coding sendiri, namun bertugas untuk memastikan bahwa semua kebutuhan software telah ada dan diperhitungkan dengan baik sebelum proses coding yang sebenarnya dimulai.
  • Software Tester : Tester Software Tester merupakan salah satu posisi yang menjadi ‘musuh’ para developer. Tugas utama dari seorang software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terhadap error atau bug di dalam sebuah aplikasi atau program.

manajemen proyek

Tujuan Umum Manajemen Proyek Perangkat Lunak adalah untuk menyediakan sebuah kerangka kerja atau market plan yang memungkinkan manajer membuat estimasi yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai sumber daya, biaya dan jadwal. Estimasi dibuat dengan sebuah kerangka waktu yang terbatas pada awal sebuah proyek perangkat unak dan seharusnya diperbarui secara teratur selagi proyek sedang berjalan. Sebagai tambahan, estimasi akan berusaha mendefinisikan scenario kasus terbaik dan kasus terburuk. Tujuan perencanaan dicapai melalui suatu proses penemuan informasi yang menuju ke estimasi yang dapat diprtanggung jawabkan. Hal-hal yang terlibat didalam Manajemen Proyek antara lain yaitu durasi (time frame), tenaga kerja (work force), tugas pekerjaan (task), resiko (risk), portfolio, dan kolaborasi (collaboration).

Dalam memanjemen suatu proyek terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu:

  • Planning (perencanaan) Perencanaan tidak lain merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagaimana disampaikan oleh Louise E. Boone dan David L. Kurtz (1984) bahwa:planning may be defined as the proses by which manager set objective, asses the future, and develop course of action designed to accomplish these objective.
  • Organizing (pengorganisasian) pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal , mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.
  • Actuating (pelaksanaan/aktualisasi) Menggerakkan (actuating) menurut Tery berarti merangsanganggota-anggota kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dankemauan yang baik.
  • Controlling (pengawasan) Pengertian Controlling di dalam bahasa Indonesia dapat ditafsirkan sebagai pengawasan atau pengendalian sehingga dalam bahasa Inggris pengertian pengawasan dan pengendalian tetap dipergunakan dengan Istilah controlling. Controlling baik yang dalam pengertian pengawasan atau pengendalian oleh sebagian besar masyarakat sering ditafsirkan sebagai usaha dari manajer atau lembaga pengawasan sebagai kegiatan untuk mencari kesalahan.
  • Monitoring (peninjauan berkala) Monitoring adalah kegiatan mengamati atau meninjau kembali mempelajai secara terus menerus atau berkala dan kegiatan mengawasi, yakni dilakukan oleh pengelola poyek disetiap tingkat pelaksanaan kegiatan, untuk memastikan bahwa pengadaan da penggunaan input yang diperlukan berjalan sesuai rencana.

Yup itulah tadi beberap informasi mengenai Manajemen Proyek Pada Rekayasa Perangkat Lunak Semoga bermanfaat laugh

Baca Juga : 


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya


Tinggalkan Komentar

Scroll to Top