Detail Artikel

rekayasa-perangkat-lunak

Metode Rapid Application Development (RAD) Rekayasa Perangkat Lunak

30/06/2021 by Ilham Lutfi 819
Metode Rapid Application Development (RAD) Rekayasa Perangkat Lunak

Metode Rapid Application Development (RAD) Rekayasa Perangkat Lunak - Rapid Application Development (RAD) adalah model proses pembangunan perangkat lunak yang tergolong dalam teknik incremental. RAD menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat, efisien dan cepat. Waktu yang singkat adalah batasan yang penting untuk model ini. RAD diajukan oleh IBM pada tahun 1980 sampai 1990-an, ketika permintaan terhadap aplikasi semakin meningkat. Dengan banyaknya demand, orang-orang di dunia IT harus mencari sebuah solusi untuk memenuhi permintaan tersebut. Metode ini merupakan semacam cikal bakal agile project management, karena bisa mengikuti alur bisnis yang terus berkembang dan juga kebutuhan pasar yang akan terus meningkat.

Artikel Terkait : Manajemen Proyek Pada Rekayasa Perangkat Lunak

Metode ini menekankan pada proses pembuatan aplikasi berdasarkan pembuatan prototype atau rancangan, iterasi, dan feedback yang berulang-ulang. Dengan begitu, aplikasi yang dibuat bisa dikembangkan dan diperbaiki dengan cepat. Sangat cocok dengan kebutuhan dan perkembangan dunia digital yang super cepat dan fleksibel. Berbeda sekali dengan metode pengembangan lain. Waterfall Model, misalnya, yang dianggap kurang efektif dan kaku. Sebab, Waterfall model mengharuskan aplikasi dirancang dari A sampai Z. Baru kemudian bisa dieksekusi. Jadi, butuh waktu yang cukup lama untuk sebuah aplikasi bisa dirilis.

Diagram Tahapan Rapid Application Development (RAD)

diagram rad

Ada 4 tahapan RAD yang perlu dilakukan atau dilalui developer ketika mengembangkan aplikasi. Ke-empat tahapan itu adalah sebagai berikut :

  1. Perencanaan Kebutuhan, Yaitu tahapan dimana kita harus menentukan kebutuhan apa saja yang tepat pada proyek tertentu yang akan dikembangkan nantinya.
  2. Desain Sistem, Tahapan ini meliputi proses prototype, test dan refine.
  3. Pengembangan, yaitu tahapan mulainya proses pengembangan atau pembuatan proyek aplikasi.
  4. Implementasi, tahap ini, tugas utama developer adalah menambal kekurangan yang mungkin terjadi ketika proses pengembangan aplikasi, Tugas ini termasuk melakukan optimasi untuk stabilitas aplikasinya, memperbaiki desain interface, hingga melakukan maintenance dan menyusun dokumentasi.

Kenapa Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD)

rad model

RAD sebagai metode pengembangan sistem yang sering digunakan untuk kasus yang penilitian mempunyai beberapa alasan yang patut dipertimbangkan oleh developer  dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau sistem, berikut beberapa alasan kenapa menggunakan Metode RAD :

  • RAD cocok untuk aplikasi yang sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hal ini sesuai dengan tujuan dari model RAD yang dikemukakan oleh Kenneth E. Kendall dan Julie E. Kendall yaitu RAD digunakan untuk mempersingkat waktu antara perancangan dan penerapan sistem informasi Kendall dan Kendall.
  • Dengan menggunakan metode RAD, akan dicapai suatu sistem fungsional yang utuh dalam periode waktu yang relatif pendek dengan catatan, investigasi kebutuhan sistem telah diperoleh dan difahami dengan baik.
  • RAD dapat mendukung untuk penggunaan teknik dan kemampuan tools komputer yang spesial untuk mempercepat fase analisis, desain dan implementasi. Kemampuan spesial itu antara lain seperti fourth generation visual programming language yang membuat proses pemrograman menjadi mudah dan sederhana, penggunaan code generators yang mengotomasi pembuatan program berdasarkan spesifikasi disain dan RAD mendukung pengembangan sistem yang membutuhkan lingkungan pustaka library yang cukup besar.
  • RAD dapat mengatasi permasalahan ketidak jelasan tentang kebutuhan pengguna user requirement, terhadap apa yang harus sistem lakukan nantinya. Ketidak jelasan ini biasanya disebabkan karena sulitnya bagi pengguna untuk mengemukakan apa yang diinginkan kepada pengembangdan lebih mudah jika langsung berinteraksi dengan teknologi. RAD menyediakan konsep prototyping, dimana seorang pengguna dapat langsung berinteraksi dengan sistem di awal.

Itulah tadi beberap informasi tentang Metode Rapid Application Development (RAD) Rekayasa Perangkat Lunak, Semoga bermanfaatlaugh.

Baca juga :


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya

Rekomendasi Distro Linux 2021

Rekomendasi Distro Linux 2021

26/05/2021 BY Ilham Lutfi 853

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top