Detail Artikel

pemrograman

Pengenalan Framework CSS Bootstrap Untuk Pemula

05/07/2021 by Ilham Lutfi 319
Pengenalan Framework CSS Bootstrap Untuk Pemula

Pengenalan Framework CSS Bootstrap Untuk Pemula - Apa Itu Bootstrap..? Bootstrap adalah framework atau kerangka kerja CSS open-source khusus front-end yang dibuat oleh Mark Otto dan Jacob Thornton untuk mempermudah dan mempercepat pengembangan sistem atau aplikasi berbasis web. Bootstrap mempunyai semua jenis HTML dan template desain berbasis CSS untuk berbagai fungsi dan komponen, seperti navigasi, sistem grid, tooltip, modal pop-up, carousel gambar, dan tombol/button. Framework ini dapat menghemat banyak waktu web developer karena tidak perlu mengelola atau mendesain tampilan web (front-end) dari awal selain itu dengan menggunakan bootstrap kode yang kita tulis dapat lebih singkat dan ringkas. Namun, fungsi utama dari Bootstrap adalah untuk membuat situs yang responsif di semua perangkat. Interface website akan bekerja secara optimal di semua ukuran layar baik di layar smartphone maupun layar komputer/laptop. Web Developer tak perlu lagi mendesain situs khusus untuk perangkat tertentu dengan menggunakan sistem media query di bootstrap dapat mempermudah desain agar responsif. Trafik dan jangkauan audiens versi desktop tidak akan hilang dan tetap diarahkan ke website versi mobile. Pengguna dan komunitas Bootstrap semakin berkembang terutama di Indonesia.

bootstrap

Kelebihan Framework Bootstrap

Berikut ini Sekayu Ngoding telah merangkum beberapa kelebihan utama yang dimiliki oleh Framework Bootstrap, sebagai berikut :

  • Dapat membuat loading website lebih ringan ketika dibuka. Jadi mereka yang ingin mengakses website Anda tidak harus menunggu waktu yang lama. Hal ini karena sebelumnya proses pembuatan bootstrap sudah dilakukan secara rapi dan sistematis.
  • Dengan adanya bootstrap, maka Anda bisa memperoleh semua macam warna, operasi penggunaan, dan juga berbagai macam variabel yang Anda butuhkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena hasilnya sudah tentu tidak akan berlainan ketika Anda membukanya di perangkat yang berbeda.
  • Bootstrap diketahui lebih lengkap fungsinya dibandingkan framework css lain. Hal ini karena ia sudah mencakup CSS, HTML, dan juga Javascript yang kompleks.
  • Open source, maksudnya Anda tidak perlu harus mendapatkan lisensi dan bahkan Anda bisa mengembangkan website Anda sesuai dengan kebutuhan atau keperluan Anda tentunya secara gratis dengan Bootstrap.
  • Kerangka yang dimiliki oleh bootstrap menggunakan Less. Less merupakan sebuah teknologi dari CSS yang terkenal akan kemudahannya. Less menawarkan banyak fleksibilitas dan juga dukungan.
  • Sangat efisien sehingga sering digunakan untuk membuat desain atau front-end pada website.
  • Bootstrap memiliki tampilan yang modern sehingga bisa membuat website Anda memiliki tampilan yang menarik.
  • Bootstrap akan membuat tampilan website Anda lebih responsif. Jadi, ketika Anda menggunakan smartphone ataupun komputer anda, maka ia akan menyesuaiakan dengan ukuran layar perangkat.

Selain itu tentunya, ada beberapa platform social media yang telah menggunakan Framewrok Bootstrap salah satunya adalah Twitter. Ada beberapa alasan mengapa twitter menggunakan bootstrap, diantaranya seperti:

  • Waktu pembuatan atau pengembangan yang relatif cepat
  • Templatenya yang lebih rapi
  • Desain pada website menjadi lebih ringan dan Tentunya cepat
  • Membuat website yang responsif
  • Mudah dipakai dan dikustomisasi

Saat ini Pengembangan Framework Bootstrap sudah memasuki versi 5.0.2 (terbaru) pada versi terbaru Bootstrap secara otomatis atau defaultnya tidak lagi mengikutsertakan library Javascript yaitu jQuery akan tetapi anda dapat menggunakan javascript native atau javascript libarary atau framework lainnya seperti React JS atau Vue JS, Jika ingin menggunakan Bootstrap yang otomatis sudah terntegrasi dengan jQuery disarankan menggunakan versi 4, Seperti versi 4.6.x yang pengembangan nya masih terus dilanjutkan.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai Pengenalan Framework CSS Bootstrap Untuk Pemula, seperti pengertian, fungsi dan kelebihan Framework Boostrap yang perlu anda ketahui. Siapa tahu anda ingin membuat website profesional, maka Boostrap ini bisa anda pertimbangkan dan sangat cocok untuk dipelajari pemula yang baru beralih ke Framework CSS. Akhir kata semoga bermanfaat laugh.

Baca juga :

 


Tentang Penulis

Ilham Lutfi

Ilham Lutfi

Saya Web Developer alumni DIII Teknik Informatika dari Politeknik Sekayu, Bagi saya berbagi pengetahuan adalah salah satu kewajiban dalam kehidupan, Semoga Sekayu Ngoding dapat menjadi situs pembelajaran yang bermanfaat bagi sesama, Terima Kasih telah berkunjung.!!!


Artikel Lainnya

Cara Install Oracle VM VirtualBox Di Linux

Cara Install Oracle VM VirtualBox Di Linux

27/06/2021 BY Ilham Lutfi 203
Pengenalan CodeIgniter 4 PHP Framework

Pengenalan CodeIgniter 4 PHP Framework

01/06/2021 BY Ilham Lutfi 973

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top